HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Inilah 5 Gejala Rematik yang Harus Anda Waspadai

Iklan Billboard 970x250

Inilah 5 Gejala Rematik yang Harus Anda Waspadai


Rematik merupakan gangguan sendi yang tidak bisa disepelekan. Dalam istilah medis, penyakit ini disebut dengan rheumatoid arthritis yang terjadi saat sistem imun yang keliru menyerang bagian jaringan-jaringan sendi. Akibatnya, sendi menjadi terasa sakit karena mengalami peradangan dan menimbulkan gejala yang cukup serius. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ortopedi

Untuk mendiagnosis penyakit ini diperlukan cara khusus yang tidak bisa sembarangan dilakukan. Berbagai caranya, yaitu dengan melakukan tes laboratorium menggunakan sinar X, apakah orang tersebut mengidap penyakit rematik atau tidak. Namun, gejala khas yang bisa dirasakan, yaitu Anda akan mengalami nyeri pada bagian-bagian sendi. Oleh karena itu, Anda harus segera melakukan pengobatan agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Gejala Rematik 

Adapun gejala-gejala rematik yang harus Anda waspadai, yaitu sebagai berikut: 

1. Mati Rasa atau Kesemutan 
Kesemutan pada rematik berbeda dengan kesemutan pada umumnya. Gejala ini biasanya berlangsung lama dan terjadi pada pergelangan tangan dan kaki. Sensasi ini diakibatkan karena adanya pembengkakan pada lengan atau kaki. Rasa nyeri dan ngilu tersebut umumnya akan terasa parah di malam hari. Untuk penanganan pertama, Anda bisa mengompres bagian yang nyeri tersebut. 

2. Cedera 
Cedera juga bisa menjadi indikasi penyakit rematik. Gejala ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tetapi juga anak muda. Oleh karena itu, Anda harus segera mengunjungi dokter ortopedi agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

3. Sendi Terasa Pegal 
Selain kesemutan, Anda juga bisa merasakan sakit atau pegal pada sendi yang terkena rematik. Nyeri tersebut biasanya berlangsung selama satu minggu. Gejala yang satu ini bisa mempengaruhi lutut, tangan, dan kaki untuk merasakan sakitnya. Mungkin Anda berpikir bahwa gejala ini merupakan akibat dari kelelahan, padahal jika tidak diperiksa nyeri tersebut bisa saja diakibatkan oleh rematik. 

4. Sendi Terasa Kaku di Pagi Hari 
Gejala lain dari rematik, yaitu sendi akan terasa ngilu dan sakit di pagi hari. Gejala yang satu ini juga bisa menjadi pertanda Anda mengidap penyakit osteoartritis, dimana gejala tersebut akan timbul setelah Anda beraktivitas dalam waktu yang lama. Namun, yang membedakan keduanya adalah lamanya rentang waktu sakit yang dirasakan. Rasa sakit pada rematik bisa berlangsung sangat lama, sedangkan osteoarthritis hanya berlangsung selama satu jam saja. 

5. Sendi Terasa Terkunci 
Gejala lain yang sering terjadi pada rematik, yaitu adanya rasa seperti terkunci pada sendi, terutama pada bagian siku dan lutut. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan pada bagian tendon di sekitaran sendi, sehingga menjadi sulit untuk ditekuk. Jika dibiarkan terlalu lama, rasa sakit tersebut bisa menjadi kista yang membengkak dan mengganggu aktivitas Anda. 

6. Masalah Mata 
Rematik juga bisa mempengaruhi organ tubuh lain seperti mata. Anda bisa beresiko terkena masalah autoimun yang bisa mengakibatkan kekeringan pada bagian kulit, tenggorokan, mulut, hidung, dan mata. Gejala ini muncul akibat peradangan pada seni akibat rematik. Oleh karena itu, segeralah berkonsultasi ke dokter jika gangguan tersebut tidak kunjung membaik. 

Itulah enam gejala nyeri sendi yang harus diketahui sebelum terlambat. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar rematik, kunjungi website SehatQ.com. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter ortopedi terbaik mengenai masalah rematik Anda. Selain itu, Anda juga bisa booking dokter di jadwal-jadwal tertentu untuk melakukan pemeriksaan. Simple, kan? Yuk, segera berkonsultasi di SehatQ.com!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar