HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
4 Perlengkapan Bayi yang Harus Anda Siapkan Jelang Persalinan

Iklan Billboard 970x250

4 Perlengkapan Bayi yang Harus Anda Siapkan Jelang Persalinan

Bagi Anda calon ibu atau ayah yang sedang menunggu kelahiran anak, barangkali telah mempersiapkan perlengkapan jelang persalinan. Namun bagi pasangan muda, bisa saja masih bingung apa saja yang harus dipersiapkan. Padahal, perkara tersebut harus disiapkan jauh-jauh hari secara matang dan tidak mepet. Bahkan bisa jadi, perlengkapan seperti selimut bayi dan lainnya telah Anda siapkan di dalam lemari. 


Perlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan 

Saking bahagianya dan ingin mempersiapkan segalanya dengan cermat sampai dekorasi kamar si kecil nanti, barangkali perlengkapan utamanya malah terlupakan. Untuk menghindari kejadian ini, berikut terdapat ulasan mengenai apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk si kecil yang akan segera hadir ke dunia. 

1. Kain Bedong 

Kain bedong juga berfungsi sebagai selimut bayi karena memberikan efek nyaman dan hangat terutama saat si kecil tidur. Namun demikian, ada dua hal yang perlu Anda perhatikan saat memakaikan kain bedong pada bayi: tidak dipakaikan saat cuaca sedang panas dan jangan memakaikannya terlalu kencang. Pemakaian kain bedong terlalu keras sangat berakibat fatal seperti mengganggu pembentukan struktur tulang dan merusak tulang rawan. 

Berikan ruang pada bayi untuk tetap bisa bergerak dengan nyaman, terutama untuk pergerakan kaki. Sementara itu untuk jumlahnya, para orang tua disarankan untuk menyiapkan minimal sepuluh kain bedong di rumah. Persediaan yang banyak ini karena setiap harinya Anda bisa saja mengganti kain beberapa kali akibat bayi mengompol. 

2. Perlak 

Selain kain bedong, perlak adalah perlengkapan bayi yang harus ada di rumah. Perlak memiliki fungsi sebagai alas tidur bayi. Perlengkapan yang satu ini dapat melindungi kasur Anda dari kotor dan bau akibat ompol bayi karena memiliki bahan yang terbuat dari lapisan waterproof dan microfiber. Terdapat dua jenis perlak dari segi kualitasnya, yaitu yang biasa dan berkualitas bagus. 

Perlak dengan kualitas kurang bagus membutuhkan pengawasan ekstra karena ompol akan tertahan di permukaan sehingga dapat membuat bayi kedinginan atau masuk angin jika tidak segera diganti. Sementara perlak yang bagus akan tetap kering meskipun terkena ompol bayi. 

3. Baju Bayi 

Salah satu perlengkapan bayi yang paling diingat oleh calon orang tua adalah baju bayi. Baju bayi ini hampir sama seperti baju orang dewasa, biasanya terdiri atas kaus tangan pendek dan panjang, singlet, serta celana pendek dan panjang. Saat masih bayi, baju untuk laki-laki dan perempuan pun cenderung. Biasanya hanya berbeda dari segi warna. Selain itu, Anda perlu memperhatikan bahan agar nyaman dan tidak gerah saat dikenakan. 

Mempersiapkan baju bayi akan lebih baik jika Anda telah mengetahui jenis kelaminnya. Namun jika tidak, Anda bisa menyiapkan baju dengan warna-warna netral. Dari segi jumlah, sebaiknya Anda menyiapkan dalam jumlah yang banyak, minimal selusin, agar gampang ketika diganti. 

4. Popok Kain dan Pampers 

Popok bayi sebaiknya telah tersedia di rumah ketika si kecil telah lahir karena bayi belum bisa memberi tahu ketika ingin buang air kecil maupun besar. Mengetahui pentingnya keberadaan popok, sebaiknya Anda menyiapkannya dalam jumlah yang banyak, bahkan melebihi jumlah baju si bayi. Memilih popok pun tidak boleh sembarangan, Anda harus membeli yang berkain lembut dan mudah menyerap air. 

Selain popok, Anda juga perlu mempersiapkan pampers yang bisa dibuka, bukan dalam bentuk celana. Penggunaan pampers tidak boleh terlalu sering, maka Anda hanya perlu menyediakan secukupnya saja. Bahan pampers tidak begitu nyaman untuk kulit bayi sehingga dapat mengakibatkan iritasi. Lebih Anda memakaikannya pada saat bepergian. 

Itulah empat perlengkapan bayi yang perlu Anda persiapkan menjelang persalinan. Perlengkapan buat si kecil tentu berbeda dengan orang dewasa, misalnya kain bedong sebagai pengganti selimut bayi.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar