HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Kenali Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Iklan Billboard 970x250

Kenali Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Cara Mengatasinya


Organ tubuh bayi memang belum berkembang sempurna seperti orang dewasa. Itu sebabnya, bayi lebih rentan mengalami berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Salah satu masalah yang sering dialami bayi adalah perut kembung. Bahasan tentang obat mengatasi perut kembung pada bayi bisa Bunda simak di artikel ini. Perut kembung terjadi ketika gas menumpuk di lambung dan usus sehingga menyebabkan perut terasa penuh dan tidak nyaman. Itulah mengapa bayi biasanya menjadi rewel saat perutnya kembung. Bila hal ini terjadi pada si Kecil, Bunda tak perlu khawatir. Sebab, kondisi perut kembung merupakan hal yang sangat normal terjadi pada bayi. 

Tapi, Bunda tentu harus memahami penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada bayi. Dengan begitu, Bunda dapat membantu si Kecil mengatasi rasa sakit yang ia rasakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung pada bayi dan harus Anda berikan obat muntah aksi cepat

Makanan yang Dikonsumsi Bunda 

Bila Bunda masih menyusui, makanan yang Bunda makan akan berpengaruh juga pada si Kecil. Apabila Bunda mengonsumsi makanan yang menimbulkan gas, si Kecil pun bisa mengalami kembung. Beberapa makanan yang menimbulkan gas misalnya brokoli, kol, kacang, atau bawang bombay. 

Laktosa pada ASI 

Setiap awal proses menyusui, ASI yang Bunda keluarkan memiliki kandungan laktosa yang tinggi (foremilk). Bila bayi mendapatkan terlalu banyak ASI foremilk, ia mendapatkan asupan laktosa yang tinggi pula. Konsumsi laktosa tinggi ini bisa menyebabkan perut bayi menjadi kembung apabila tidak dicerna dengan baik. 

Posisi Menyusui yang Salah 

Tahukah Bunda, memberikan susu pada si Kecil ternyata sebaiknya tidak dilakukan dengan posisi sembarangan. Hal ini karena posisi payudara atau botol susu yang salah bisa menyebabkan bayi menelan terlalu banyak udara. Akibatnya, perut bayi pun menjadi kembung. 

Sistem Pencernaan Bayi 

Selain faktor eksternal, perut kembung pada bayi juga bisa disebabkan faktor internal. Salah satunya adalah sistem pencernaan yang belum matang. Bayi belum bisa mengolah makanan dengan baik dan ususnya belum memiliki keseimbangan bakteri yang normal. Hal ini menyebabkan bayi rentan mengalami kembung.
Baca Juga
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar