HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Peranan Teknologi sebagai Media Pembelajaran di Sekolah

Iklan Billboard 970x250

Peranan Teknologi sebagai Media Pembelajaran di Sekolah


Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak hanya mempengaruhi dunia digital dan bisnis saja. Kini, teknologi juga telah menyentuh ranah media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud yakni dalam kebutuhan dunia pendidikan. Tidak sedikit sekolah yang menggunakan teknologi dalam tahapan belajar. Bahkan pemberian tugas sudah bisa dilakukan secara online oleh guru kepada muridnya. 

Peranan Teknologi sebagai Media Pembelajaran 

Sejak awal, dunia pendidikan bersikap terbuka terhadap penemuan-penemuan baru, khususnya dalam bidang teknologi. Dalam hal ini, sistem pendidikan di beberapa sekolah kurang bisa menyelaraskan diri dengan kemajuan teknologi tersebut. Padahal, penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan mempengaruhi cara bekerja dan berpikir cepat para siswa dalam mengerjakan sesuatu. 

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan hal yang kompleks, di mana banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Salah satu dari faktor tersebut adalah guru. Guru bertugas menyampaikan materi kepada kepada siswa melalui proses interaksi dan komunikasi. Keberhasilan guru menyampaikan komunikasi ini sangat tergantung dengan kelancaran interaksi dengan siswa. 

Untuk memperlancar komunikasi ini diperlukan adanya media sebagai perantara. Kemudian diperlukan juga teknologi pembelajaran. Teknologi pembelajaran ini juga akan menentukan keberhasilan proses belajar mengajar hingga mencapai tujuan yang diinginkan. Media pembelajaran sendiri merupakan sesuatu yang membangun kondisi pelajar dalam meningkatkan proses, situasi, dan efektivitas mengajar. 

Tujuan Media Pembelajaran 

Tujuan dari media pembelajaran yakni pesan atau informasi yang ingin disampaikan dapat diserap semaksimal mungkin oleh peserta didik. Dalam hal ini, teknologi menjadi salah satu alat bantu yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya teknologi, proses belajar dan mengajar akan lebih menarik. Kemudian proses penyajian informasi juga mudah dipahami oleh para siswa. 

Beberapa teknologi canggih yang dapat membantu guru menyampaikan materinya kepada siswa diantaranya: komputer, laptop, proyektor, telepon, email, dan media sosial lainnya. Ada juga bentuk dari teknologi lain yang dapat membantu proses belajar mengajar agar tetap lancar, yaitu teknologi informasi. Dalam pengertiannya, teknologi informasi adalah suatu cara pengguna media untuk mengkomunikasikan berbagai hal. 

Pengguna teknologi informasi ini dapat berdampak baik dan juga buruk, khususnya dalam media pembelajaran. Untuk hal baiknya, para peserta didik dapat memahami berbagai ilmu dalam jangkauan yang luas. Sedangkan untuk dampak buruknya ialah penggunaan teknologi yang berlebihan hingga melupakan kewajiban seorang siswa untuk belajar. Hal ini telah terjadi pada beberapa peserta didik. 

Kehadiran media dalam proses pembelajaran sendiri dapat membantu peningkatan pemahaman siswa. Karena penyajian informasi lebih menarik dan terpercaya, kemudian kemudahan dalam penafsiran data, serta memadatkan informasi. Dengan demikian, fungsi media teknologi dalam proses belajar mengajar adalah sebagai sarana bantu pentransferan ilmu pengetahuan atau informasi. 

Nah, demikianlah peran teknologi sebagai media pembelajaran di sekolah. Dunia pendidikan memang sudah seharusnya menyentuh ranah teknologi agar materi yang disajikan tidak membosankan. Mengingat teknologi juga bagian dari perkembangan zaman yang kian hari semakin pesat saja. Menggunakan teknologi di sekolah dijamin dapat meningkatkan pemahaman para peserta didik. 

Para peserta didik sendiri terlihat lebih antusias apabila diberikan bahan materi yang menyenangkan. Ketika pembelajaran zaman dulu hanya mendengarkan guru bercerita atau menerangkan. Berbeda dengan sekarang yang ditekankan pada proses pemahaman visualisasi. Dengan demikian, bukan pemahaman saja yang akan meningkat, kemampuan analisis siswa juga bisa lebih tajam daripada biasanya. 

Masa depan suatu negara berada di tangan generasi muda, oleh karena itu para peserta didik sudah seyogyanya mendapatkan pendidikan yang layak dan terjamin. Salah satunya adalah memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar